Pasar al contenido principal
x

Sarjana Perikanan (Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan) (Bachelor of Fisheries (Utilization of Fisheries Resources) )

Tipo
Doctorado (ISCED 2011 nivel 8)
Idioma

Indonesio

Duración 8 semesters
Costo 12 million IDR/year

Berawal dari akreditasi “A” prodi PSP pada tahun 2005, Prodi PSP berhak atas dana Program Hibah Kompetisi (PHK UB) untuk memperkuat internal manajemen program studi dan meningkatkan kompetensi lulusan (memperbaiki kurikulum). Selanjutnya Prodi mengajukan proposal hibah kompetisi AA untuk mendapat dana yang lebih besar. Tetapi ternyata hibah AA hanya untuk tingkat jurusan. Oleh karena itu dengan dukungan semua dosen prodi PSP, kemudian PSP mengajukan menjadi Jurusan tersendiri. Tahun 2006 dibentuk Tim penyusunan proposal Jurusan  Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK) (SK Dekan No: 01/J.10.1.27/SK/2006) dengan ketua tim Kaprodi PSP. 2 0ktober 2006 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No: 22/D/O/2006 disetujui pembukaan Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK).

Dengan berhasilnya menjadi jurusan dan untuk melengkapi bidang kelautan yang saat itu masih belum ada maka selanjutnya saya ditugaskan sebagai ketua tim penyusun proposal pengajuan program studi baru yaitu Prodi Ilmu Kelautan (IK) pada Fakultas Perikanan (SK Dekan No: 30A/J.10.1.27/SK/2006). Berkat dukungan institusi fakultas, kerjasama tim dan semua dosen prodi PSP maka pada tanggal 4 September 2008 berdasarkan surat dari Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomer 2953/D/T/2008 turunlah ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Kelautan (IK).

Kemudian untuk pengembangan program-program jurusan beberapa peluang hibah pengembangan diusulkan. Antara tahun 2006-2007 proposal I-MHERE dibuat (tiga kali pengusulan) bersama dengan Jurusan Teknik Mesin dan Agribisnis Pertanian (pengusulan pertama dan kedua) dan dengan Fakultas Peternakan dan Fakultas Hukum (pengusulan ketiga). Pada tahun berikutnya program PHKI (Program Hibah Kompetisi Institusi) jurusan juga diusulkan. Namun  demikian program-program pengembangan jurusan tersebut belum berhasil diraih.

Dengan berdirinya prodi IK dan semakin berkembangnya minat kelautan di Fakultas Perikanan (FPi), maka tahun 2008 Dekan membentuk tim untuk membuat proposal perubahan nama Fakultas Perikanan. Dimana di tahun itu juga nama fakultas disetujui berubah menjadi menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Componentes estructurales
Tesis/Disertación
Entrenamiento de laboratorio
Trabajo práctico/ de campo
Entrenamiento de idioma
Proyecto de investigación

Categorías CINE (ISCED)

Manejo de proyectos
Competencias personales y comunicación
Cultura oceánica
Biología
Ecología
Conservación y gestión ambiental
Oceanografía física y química
Estadística
Acuacultura
Pesquerías