Skip to main content
x

Magister Ilmu Perikanan (Master of Fisheries Science )

Type
Master (ISCED 2011 level 7)
Language

Indonesian

Duration 4 semesters
Cost 15 million IDR/year

Sejarah Singkat Program Studi

Program Studi Ilmu Perikanan adalah salah satu program studi pada Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Penyelenggaraan program studi ini berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 491/D/T/2007 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Perikanan (S2) pada Universitas Hasanuddin dan SK Ijin Operasional Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Perikanan (S2) Nomor 2884/D/T/K-N/2010. Sejak awal penyelenggaraan tahun 2007 hingga tahun 2013 pengelolaan Program Studi Ilmu Perikanan dibawah koordinasi Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, dan sejak tahun 2014 hingga sekarang pengelolaannya dibawah kendali Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin. Keberadaan Program Studi Ilmu Perikanan didasarkan pada kebutuhan akan pengembangan ilmu perikanan di Indonesia khususnya di Kawasan Timur Indonesia di mana program studi ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu untuk mengelola dan memanfaatkan potensi perikanan yang ada secara terpadu dan berkelanjutan. Hingga saat ini Program Studi Ilmu Perikanan telah dua kali memperoleh nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional melalui SK BAN-PT No. 015/BAN-PT/Ak-SURV-I/S2/XI/2011 dan SK BAN-PT No. 2133/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2016.

Kurikulum yang berlaku saat ini merupakan kurikulum yang telah direvisi terakhir kali pada tahun 2014. Setiap pelaksanaan revisi kurikulum menghadirkan stakeholder untuk didengarkan masukan-masukannya terkait dengan kompetensi yang dikehendaki oleh pengguna lulusan. Stakeholder yang dimaksudkan diantaranya para pimpinan lembaga/birokrat seperti Dinas Perikanan dan Kelautan, Balai Penelitian Perikanan dan Kelautan, Swasta, Akademisi, dan alumni. Disamping itu juga yang menjadi pertimbangan dalam revisi kurikulum adalah melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang perikanan terpadu dan berkelanjutan. Penerapan kurikulum pada Program Studi Ilmu Perikanan juga merupakan tindak lanjut standar kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi (Kemendikti) yang menyandingkan, menyetarakan, mengintegrasikan, sektor pendidikan dan pelatihan serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan jabatan kerja di berbagai sektor yang disebut kurikulum berbasis Kerangka Kurikulum Standar Nasional (KKNI).

Penerapan kurikulum 2014 dan penyelerasan kurikulum 2018 ini didukung oleh 42 staf dosen yang kompeten masing-masing dibidangnya yang dipimpin oleh Ketua Program Studi dengan tugas menangani perencanaan dan pengembangan program studi. Disamping itu, bersama-sama program studi lainnya di lingkup Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan menggunakan laboratorium yang ada di fakultas. Program studi juga didukung oleh laboratorium lapangan berupa tambak pendidikan seluas ± 20 Ha yang berada di Kabupaten Barru dan Marine Station yang terdapat di Pulau Barrang Lompo dengan luas 384,00 m2. Perangkat pendukung untuk kurikulum ASP juga dapat diakses melalui Learning Management System (LMS), http://lms2.unhas.ac.id/cl1/.

Kita semua berharap, melalui situs web ini, informasi Program Studi Ilmu Perikanan dapat diakses tidak hanya oleh komunitas akademis, tetapi juga alumni, pemangku kepentingan, calon mahasiswa, dan pengamat perikanan.

Structural components
Thesis/Dissertation
Laboratory training
Practical/Field work
Language training
Research Project

ISCED Categories

Project management
Personal skills and communication
Ocean Literacy
Biology
Biotechnology
Ecology
Physical and chemical oceanography
Statistics
Machinery and operators
Aquaculture
Fisheries